• INFO CABANG & KEAGENAN
  • 082119093345
  • INFO PEMESANAN BARANG & PENGIRIMAN
  • 081910000236
Tips Merawat Pakaian Yang Berbahan Sutra

Pakaian berbahan kain sutra memang sangat nyaman dan indah jika dipakai. Itu semua berbanding lurus dengan harganya sangat mahal. Sama seperti barang yang lain, kalau harganya mahal pasti perlakukannya pun berbeda. Sutra pun demikian, agar awet dan tetap indah pakaian dengan sutra harus diperlakukan istimewa, tidak seperti pakaian lainnya. Apa saja perlakuan istimewa kain sutra yang harus Anda lakukan agar pakaian dengan bahan sutra tetap terawat? Berikut tipsnya:

Jangan menggunakan mesin cuci

Perhatikan label perawatan (biasanya pada belakang kerah) apakah ada tulisan Dry Clean Only. Jika Ya, berarti Anda harus mencuci pakaian sutra tersebut dengan menggunakan jasa Binatu yang ada pencucian Dry Clean. Namun begitu tidak serta merta pakaian tersebut tidak dapat dicuci dengan menggunakan air, Anda masih dapat mencucinya sendiri dirumah tapi jangan menggunakan mesin cuci. Cucilah dengan tangan dengan cara jangan dicampur menjadi satu dengan pakaian lainnya ketika merendam, jangan sampai ada bagian pakaian yang terlipat ketika di rendam, jika ada bagian yang kotor kuceklah secara perlahan bagian yang kotor, buih yang terdapat dari sabun usap-usapkanlah ke seluruh bagian pakaian secara merata.

Gunakan air hangat

Untuk menjaga pakaian sutra sebaiknya ketika mencuci menggunakan air hangat dengan temperatur sekitar 30 derajat selsius. Ini dimaksudkan untuk mengembalikan pelapis sutra agar kembali bersinar. Setelah itu dapat Anda bilas dengan bersih sebanyak 2-3 kali.

Gunakan sabun cair atau sampo

Jangan menggunakan deterjen yang biasa dipakai untuk mencuci pakaian. Gunakanlah sabun cair atau sampo untuk mencuci pakaian sutra. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga pakaian sutra dari kerusakan, karena sutra memiliki tekstur halus dan sensitif terhadap deterjen.

Bersihkan noda dengan cuka

Jika pakaian sutra terkena noda yang sulit dihilangkan, Anda dapat menggunakan cuka. Caranya adalah dengan meneteskan beberapa tetes cuka pada bagian yang terkena noda, kemudian gosok dengan jari secara perlahan sampai kotoran yang menempel tersebut terangkat. Jika sudah bersih cuci kembali pakaian dengan sabun cair atau sampo.

Jangan diperas

Untuk proses pengeringan pakaian sutra tidak boleh diperas, karena akan merusak serat kain. Biarkan air mengalir dari atas kebawah pakaian. Setelah itu gulung pakaian sutra kesayangan Anda dengan handuk kering agar air yang masih terjebak dalam kain langsung terserap.

Jemur pada tempat berangin

Jangan menjemur pakaian dibawah sinar matahari langsung karena akan membuat pakaian sutra Anda memudar warnanya. Untuk mengeringkannya Anda cukup menggantung pakaian dan di angin-anginkan.

Setrika dengan suhu rendah

Setrika lah pakaian sutra Anda ketika kondisinya belum benar-benar kering (masih lembab).  Caranya adalah dengan menyetrika bagian dalam pakaian dengan suhu rendah. Jika Anda ingin menyetrika bagian luar pakaian sutra, Anda harus melapisinya dengan kain katun dengan suhu rendah.

Perhatikan pada saat penyimpan

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika menyimpan pakaian sutra adalah dengan menggunakan pembungkus pakaian khusus sutra, pastikan pakaian benar-benar kering sebelum masuk lemari untuk menghindari jamur, dan gunakan gantungan baju yang lembut dengan menggunakan pelapis busa.

Gunakan kamper/kapur barus

Tempat penyimpanan pakaian sutra haruslah bersih dan tidak lembab. Dan untuk mengusir serangga juga ngengat pengganggu, Anda dapat meletekan kamper/kapur barus pada lemari penyimpanan pakaian.

Hindari menyemprotkan parfum

Jangan menggunakan parfum dengan menyemprot langsung pada pakaian sutra Anda, karena bahan kimia yang tekandung dalam parfum tersebut dikhawatirkan akan merusak warna dan tekstur kain pakaian sutra Anda.